Judul Penyusunan Dokumen Indeks Kota Layak Huni
Instansi Bappeda Kota Kediri
Status Rekomendasi LAYAK
Waktu Waktu Pengajuan : 2022-07-04 14:18:33
Waktu Validasi : 2022-07-22 14:37:06
Pemohon Meilana Mustika
Nomor Rekomendasi V-22.3571.002
Catatan Hasil rekomendasi
  1. Sebaiknya ada Uji Coba (Pilot Study) dan melampirkan file pendukung seperti proposal kegiatan atau sejenisnya.
  2. Pelaksanaan kegiatan statistik merujuk pada Generic Statistical Business Process Model (GSBPM) yang berlaku secara internasional.
    • Penerapan GSBPM bertujuan agar data statistik yang dihasilkan berkualitas, tata kelola proses bisnis terdokumentasi, serta dapat menyediakan suatu kerangka penjaminan kualitas pada setiap tahap kegiatan.
    • Tahapan GSBPM meliputi tahapan identifikasi kebutuhan, perancangan, pembangunan, pengumpulan, pengolahan, analisis, diseminasi, dan evaluasi. Tahapan kegiatan tersebut dapat diadaptasi dan disesuaikan dengan kegiatan statistik di instansi masing-masing.
  3. Sebagai salah satu bentuk implementasi prinsip Satu Data Indonesia, harus disusun metadata statistik yang memuat informasi mengenai pelaksanaan kegiatan statistik, variabel yang digunakan, dan indikator yang dihasilkan.
    • Panduan penyusunan metadata statistik merujuk pada Peraturan BPS Nomor 5 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Metadata Statistik.
  4. Sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah RI No. 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, setelah survei selesai dilaksanakan maka hasil penyelenggaraan survei diserahkan ke BPS dalam bentuk softcopy publikasi dan metadata.
    • Pelaporan “metadata kegiatan statistik” menggunakan instrumen MS-Keg yang dapat diunduh pada “File Pendukung” menu “Rekomendasi Survei Saya” di Romantik Online.
    • Pada kondisi awal, MS-Keg telah diisi oleh BPS berdasarkan isian Romantik Online. Selanjutnya metadata tersebut dapat dimutakhirkan sesuai dengan kondisi pelaksanaan kegiatan statistik.
    • Publikasi dan metadata yang telah dimutakhirkan dapat diunggah melalui  menu “File Pendukung” pada Romantik Online.
No. Catatan Waktu
1 1. Sebaiknya ada Uji Coba (Pilot Study)
2. Sebaiknya melampirkan file pendukung seperti proposal kegiatan atau sejenisnya
2022-07-12
Rincian Isian
1.1. Judul

Penyusunan Dokumen Indeks Kota Layak Huni

1.2. Instansi Pemerintah Penyelengara

Bappeda Kota Kediri

1.3. Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara

Jl. Basuki Rachmat No. 15 Kota Kediri

Provinsi

JAWA TIMUR

Kabupaten/Kota

KOTA KEDIRI

Rincian Isian
2.1. Nama Penanggung Jawab di Instansi

Chevy Ning Suyudi, ST, MT

Jabatan

Kepala Bappeda Kota Kediri

Telepon

082244006474

Fax

0354682475

Email

bappedakotakediri.pi@gmail.com

2.2. Nama Manajer Survei

Tetuko Erwin Sukarno, ST, M.Eng

Jabatan

Kabid Perekonomian dan Infrastruktur

Alamat

Bappeda Kota Kediri Bidang PI Jl. Basuki Rachmat No. 15 Kota Kediri

Telepon

08123466999

Fax

0354682475

Email

bappedakotakediri.pi@gmail.com

2.3. Unit Kerja Walidata

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri

Email

bid.ikptik@gmail.com

Rincian Isian
3.1. Survei ini dilakukan

BERULANG

3.2. Jika berulang, frekuensi penyelenggaraan

TAHUNAN

3.3. Tipe Pengumpulan Data

LONGITUDINAL DAN CROSS SECTIONAL

Rincian Isian
4.1. Tujuan Survei

mengetahui tingkat indeks layak huni kota kediri berdasarkan persepsi masyarakat Kota Kediri terhadap 29 indikator kota layak huni dari Ikatan Ahi Perencana (IAP)

4.2. Peubah (variabel) yang dikumpulkan pada survei ini dan periode enumerasi (referensi waktu)

Ketercukupan Pangan,Perumahan,Fasilitas Kesehatan,Politik Kota,Kesehatan Kota,Keamanan Kota,Fasilitas Pendidikan,Fasilitas Keamanan,Persampahan,Fasilitas Olahraga,Kebersihan Kota,Pelestarian Cagar Budaya,Fasilitas Taman Kota,Fasilitas Kesenian Budaya,Fasilitas Peribadatan/ Pelayanan Keagamaan,Fasilitas Rekreasi,Fasilitas Ekonomi,Keselamatan Kota,Perekonomian Kota,Jaringan Telekomunikasi,Transportasi,Kelistrikan,Pengelolaan Drainase,Sektor Internal Kota,Pengelolaan Air Bersih,Fasilitas Administrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik,Penataan Kota,Informasi Pembangunan dan Partisipasi Masyarakat,Fasilitas Pejalan Kaki,Tahunan

Rincian Isian
5.1. Cara Pengumpulan Data

SEBAGIAN POPULASI (SAMPEL)

5.2. Survei Dilakukan di

SEBAGIAN WILAYAH INDONESIA

5.3. Bila dilakukan di sebagian wilayah Indonesia, Survei dilakukan di:

  1. JAWA TIMUR
    • KOTA KEDIRI

5.4. Metode Pengumpulan Data

  1. WAWANCARA LANGSUNG

5.5. Metode Penelitian

SAMPEL PROBABILITAS

5.6. Metode untuk Sampel Non-Probabilitas

-

5.7. Responden

5.8. Apakah melakukan Uji Coba (Pilot Study)

Ya
Penjelasan: Uji coba sudah dilakukan

5.9. Petugas Pengumpul Data

  1. MITRA/TENAGA KONTRAK

5.10. Persyaratan pendidikan terendah petugas pengumpul data

    S1
  1. AKADEMI/UNIVERSITAS

5.11. Apakah melakukan pelatihan petugas

Ya
Penjelasan: pelatihan/ briefing petugas surveyor

5.12. Jumlah Petugas Supervisi/Penyelia/Pengawas

2 orang

Jumlah Petugas Pengumpul Data/Enumerator

4 orang

Rincian Isian
6.1. Jenis Rancangan Sampel

SINGLE STAGE/PHASE

6.2. Kerangka Sampel

warga di Kota Kediri di 46 kelurahan

6.3. Metode pemilihan sampel

stratified random sampling

6.4. Keseluruhan fraksi sampel (overall sampling fraction)

384/286796

6.5. Unit sampel

warga di Kota Kediri di 46 kelurahan

6.6. Perkiraan sampling error

5%

Rincian Isian
7.1. Metode Pengolahan Penyuntingan Editing

Ya

Metode Pengolahan Penyandian (Coding)

Ya

Metode Pengolahan Penyahihan (Validasi)

Ya

7.2. Tingkat estimasi yang diharapkan

  1. KABUPATEN/KOTA
  2. KECAMATAN
  3. LAINNYA

7.3. Metode analisis hasil survei

Deskriptif

7.4. Produk Data Yang Tersedia Untuk Umum:
Publikasi dalam Media Cetak

Ya

Publikasi dalam MEdia Elektronik

Ya

Macro Data

Tidak

Micro Data/Raw Data

Tidak

Lainnya

Tidak

7.5. Waktu Pelaksanaan Survei:
Perencanaan/Persiapan

03 Juni 2022 s.d. 30 Juni 2022

Pelaksanaan Lapangan

11 Juli 2022 s.d. 08 Agustus 2022

Pengolahan

08 Agustus 2022 s.d. 15 Agustus 2022

Analisis

16 Agustus 2022 s.d. 23 Agustus 2022

Penyajian

24 Agustus 2022 s.d. 02 September 2022

7.6. Waktu ketersediaan hasil survei untuk umum

19 Desember 2022

Hubungi Kami

Gedung 2 Lantai 1.
Pelayanan Statistik Terpadu. Badan Pusat Statistik.
Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

    pst@bps.go.id
    Telp (62-21) 3507057 (direct)
       Telp (62-21) 3841195, 3842508, 3810291 ext. 3244
       Faks (62-21) 3857046
    RRMP+VW (-6.1653197,106.8362427)